Minggu, 11 Maret 2012


Cara Setting Karburator Motor

karburator berfungsi untuk mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Dan mensetingnya mudah saja, hanya dengan memutar putaran karbu menggunakan obeng pipih ( ada 2 putaran yaitu putaran untuk gas & bensin ).

Sebelum Menseting Sebaiknya Perhatikan Keterangan Dibawah ini :


-       Kompresi makin tinggi, mesin makin panas, artinya butuh suplai BB lebih banyak agar  mesin tidak jebol.
-      Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi, & campuran BB terkontaminasi air, artinya bensin harus lebih banyak.
-      Suhu lingkungan rendah, bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
-      Knalpot bobokan (Free flow) membuat rpm makin &  suhu mesin meningkat artinya butuh BB makin tinggi.
-      DLL.


Karbu Memiliki 2 Spuyer :


-      Satu buah main jet berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas

-      Satu buah pilot jet yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampai penuh, tetapi efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh pada rpm mesin yg sudah tinggi. 



·         Hal lain yang berpengaruh dengan setingan sebagai berikut :

-    Ukuran Venturi karbu 
-    Jarum skep 
-     Stelan angin 
-    Power jet


Catatan:

Jika venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yang masuk    sehingga butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya hal ini dikarenakan  campuran BB dan udaranya seimbang. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar