Cara Setting Karburator Motor
karburator berfungsi
untuk mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). dengan perbandingan range nya BB
: O2 adl 1 : 13-15. Dan mensetingnya mudah saja, hanya dengan memutar putaran
karbu menggunakan obeng pipih ( ada 2 putaran yaitu putaran untuk gas &
bensin ).
Sebelum Menseting Sebaiknya Perhatikan
Keterangan Dibawah ini :
-
Kompresi makin
tinggi, mesin makin panas, artinya butuh suplai BB lebih banyak agar mesin tidak jebol.
-
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi, &
campuran BB terkontaminasi air, artinya bensin harus lebih banyak.
-
Suhu lingkungan rendah, bensin harus dikurangi agar
suhu kerja mesin jadi ideal.
-
Knalpot bobokan (Free flow) membuat rpm makin & suhu mesin meningkat artinya butuh BB makin
tinggi.
-
DLL.
Karbu Memiliki 2 Spuyer :
-
Satu buah main jet berperan meyalurkan BB saat bukaan
gas sekitar setengah putaran keatas
-
Satu buah pilot jet yg berperan menyalurkan BB dari
putaran gas 0 derajat sampai penuh, tetapi efek dari pilot jet ini bisa
dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh pada rpm mesin yg
sudah tinggi.
·
Hal lain yang
berpengaruh dengan setingan sebagai berikut :
- Ukuran Venturi karbu
- Jarum skep
- Stelan angin
- Power jet
Catatan:
Jika venturi karbu makin besar maka makin banyak udara
yang masuk sehingga butuh spuyer lebih
besar baik pilot atau main jetnya hal ini dikarenakan campuran BB dan udaranya seimbang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar